2011-09-26

TAHUKAH KAMU????

MAILING LIST


Mailing list (milis) secara bahasa berarti daftar alamat email. Mailing list merupakan group diskusi di internet, dimana setiap orang bisa berlangganan dan ikut serta di dalamnya. Siapapun yang bergabung dapat mengirim ke email group yang kemudian oleh sistem, email tersebut dikirimkan ke seluruh daftar email anggota. 

Kegunaannya yaitu: 
Melalui milis dapat diketahui beragam informasi, mulai dari lowongan pekerjaan, lowongan magang hingga berita-berita terbaru mengenai suatu isu yang sedang hangat diperbincangkan.

NETIQUETTE

Netiquette merupakan etika dalam menggunakan internet. Internet sebagai kumpulan komunitas diperlukan aturan yang akan menjadi acuan orang-orang sebagai pengguna internet, dimana aturan ini menyangkut batasan dan cara yang baik dalam memanfaatkan fasilitas internet. 

Sebenarnya netiquette adalah hal yang umum dan biasa, sama halnya dengan aturan-aturan biasa ketika kita memasuki komunitas umum dimana informasi sangat banyak dan terbuka. 

Beberapa aturan yang ada di netiquette ini adalah:

  1. Amankan dulu diri anda, maksudnya amankan semua properti anda, mungkin dapat dimulai dari mengamankan komputer anda dengan memasang anti virus atau personal firewall.
  2. Jangan terlalu mudah percaya dengan internet sehingga anda dengan mudah mengupload data pribadi anda. Ada baiknya anda harus betul-betul yakin bahwa alamat URL yang anda tuju adalah dijamin keamanannya.
  3. Paling utama adalah hargai pengguna lain di internet. Caranya sederhana yaitu:
  • Jangan biasakan menggunakan informasi secara sembarangan. misalnya flagiat.
  • Jangan berusaha untuk mengambil keuntungan secara ilegal dari internet, misalnya melakukan kejahatan pencurian kartu kredit.
  • Jangan berusaha mengganggu privasi orang lain dengan coba mencuri informasi yang sebenarnya terbatas.
  • Jangan menggunakan huruf kapital terlalu banyak, karena menyerupai kegiatan berteriak-teriak pada komunitas sesungguhnya
  • Jangan flamming, trolling, junking saat berforum.


SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER


Munculnya komputer mungkin dapat dilihat dalam kilas balik dalam sejarah sejak digunakannya abacus ditemukan di Babilonia (Irak) sekitar 5000 tahun yang lalu. Sebagai alat perhitungan manual yang pertama, baik di lingkup sekolah maupun klangan pedagang saat itu. Pada periode selanjutnya telah banyak ditemukan alat-alat hitung mekanikal sejenis yaitu pascaline yang ditemukan oleh Blaine Pasca pada tahun 1642, Arithometer oleh Charles Xavier Thomas de Colmar pada tahun 1820, Babbage's Folly oleh Charles pada tahun 1822, dan Hollerith oleh Herman Hollerith pada tahun 1889. Kesemuanya masih berbentuk mesin sepenuhnya tanpa tenaga listrik. Ukuran dan kerumitan strukturnya berdasarkan atas tingkat pengoperasian perhitungan yang dilakukan. Barulah pada tahun 1940, era baru komputer elektrik dimulai sejak ditemukannya komputer elektrik yang menerapkan sistem aljabar Boolean. Pada dekade 1980-an komputer menjadi mesin yang akrab bagi masyarakat umum di Negara maju, dan jutaan orang membeli komputer untuk digunakan di rumah, termasuk 17 juta Commodore 64 sendiri antara tahun 1982 dan 1984.


No comments:

Post a Comment